Cara Mencuci Mukena Anti Apek dan Jamur

Bulan Ramadhan segera tiba, saatnya menyiapkan segala kebutuhan, salah satunya mencuci mukena. Berbeda dengan bulan biasa, intensitas salat di bulan Ramadhan meningkat karena adanya salat tarawih. Karena mukena menjadi makin sering digunakan, kebersihannya perlu lebih diperhatikan agar tidak apek dan berjamur karena lembab.

Berikut cara mencuci mukena agar jauh dari kata apek dan berjamur:

  • Cuci mukena dengan tangan

Agar tidak merusak bahan mukena, akan lebih baik mencuci menggunakan tangan. Asalkan dicuci secara rutin, mukena tidak akan terlalu kotor. Cukup fokus mengucek area wajah yang biasanya paling kotor karena menempelnya air wudhu membuatnya mudah kotor. Jika sudah dikucek sebentar, rendam dengan air detergen, kucek-kucek lagi dan bilas hingga bersih.

  • Merendam dengan pewangi

Setelah selesai proses mencuci hingga dibilas, buatlah rendaman pewangi dan pelembut sesuai takaran. Masukkan mukena yang sudah dibilas ke dalam rendaman dan diamkan sesuai dengan petunjuk pada kemasan pewangi yang digunakan. Cara ini yang akan menjadikan mukena lebih lembut dan nyaman digunakan.

  • Jemur mukena di ruang teduh

Setelah diangkat dari rendaman pewangi dan pelembut, mukena sudah siap dikeringkan. Caranya dengan menjemurnya di ruang teduh atau yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Hal ini agar membuat warna dan serat kain lebih awet. Menjemur di bawah sinar matahari langsung  dapat memudarkan warna juga dapat menyerap aroma matahari yang bisa menimbulkan apek bahkan setelah dicuci.

  • Angin-anginkan hingga kering

Dari pada mengeringkan di bawah sinar matahari agar mukena kering sempurna, Anda bisa menjemur di tempat teduh dan mengangin-anginkan. Setelah dapat dipastikan benar-benar kering, mukena bisa disetrika dan disimpan dalam lemari. Mengeringkan dan menyimpan dengan benar menjaga agar jamur tidak tubuh.

  • Semprotkan penyegar pakaian

Agar tidak kusut, mukena perlu disetrika. Semprotkan pengharum atau penyegar pakaian agar mukena wangi ketiga digunakan. Menyemprot pewangi ketika disetrika membuat wangi pada mukena lebih tahan lama. Selain itu juga dapat membantu menyetrika lebih mudah licin